BERBAGI HARAPAN DENGAN PEJUANG KANKER

1

Medan, 4/4/2018. PEMA (Pemerintah Mahasiswa) Fakultas Psikologi USUtelah selesai melaksanakan acara bakti sosial bersama YOAM (Yayasan Onkologi Anak Medan). Acara ini terselenggara pada tanggal 24 Februari, 3 dan 10 Maret 2018di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik. Bakti sosial yang dilakukan bertujuan untuk membantu dan meringankan beban psikologis anak-anak yang terkena penyakit kanker.

Kegiatan Minggu Pertama

2 3

anggota dari PEMA Fakultas Psikologi dan Volunteer yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi

YOAM sangat mengapresisasi kegiatan ini karena mahasiswa psikologi bisa memberikan bantuan terhadap anak anak pejuang kanker seperti memberi semangat serta berbagi kecerian dengan anak-anak pejuang kanker tersebut. Acara ini diikuti oleh anggota dari PEMA Fakultas PsikologiUSU dan Volunteer yang merupakan mahasiswa Fakultas PsikologiUSU.

4 5

Volunteer mendatangi pasien anak kanker di ruang inap Rindu B.

Pada minggu pertama bakti sosial, Volunteer mendatangi pasien anak kanker yang berada di ruang inap Rindu B. Mereka membangun rapport dengan pasien dan keluarga untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman. Para pasien yang berada disana merasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa walaupun mereka tidak mengenal sebelumnya.

6 7

Selain mendongeng, para Volunteer juga mengajarkan anak-anak pejuang kanker bermain menggunakan kertas origami

Orang tua dari anak-anak pejuang kanker ini banyak bercerita tentang keadaaan anak mereka. Kemudian Volunteer mengajak para anak-anak untuk bercerita dengan menggunakan metodePuppet yang bergambar kartun yang disenangi oleh anak-anak. Selain mendongeng, para Volunteer juga mengajarkan anak-anak pejuang kanker bermain menggunakan kertas origami.

Kegiatan Minggu kedua

8 9

Volunteer membangun rapport dengan pasien dan keluarga dengan metode yang sama dengan menggunakan Puppet yang bergambar kartun.

Pada minggu ke dua bakti sosial yaitu pada tanggal 3 Maret 2018, Volunteer kembali mendatangi pasien yang berada di ruang inap Rindu B. Diawal kunjunguan Volunteer membangun rapport dengan pasien dan keluarga dengan metode yang sama dengan minggu lalu dengan menggunakan Puppet yang bergambar kartun. Hal ini kembali dilakukan dikarenakan beberapa pasien berganti dari minggu pertama.

10 11

Para Volunteer mengajak beberapa pasien untuk mewarnai gambar yang telah di sediakan oleh panitia.

Setelah itu para Volunteer mengajak beberapa pasien untuk mewarnai gambar yang telah di sediakan oleh panitia. Setelah pasien selesai mewarnai gambar yang telah di sediakan panitia. Pasien diberikan reward berupa mainan. Kemudian tak lupa menuliskan harapan dan perasaan yang mereka rasakan pada hari ini di secarik kertas. Pasien tampak gembira dengan kegiatan mewarnai. Mereka mengatakan bahwa sangat membosankan tidak melakukan kegiatan apapun dan hanya berbaring atau berjalan jalan di sekitar Rumah Sakit.

Kegiatan Minggu Ketiga

12

                     Gubernur PEMA Fakultas Psikologi USU

13

                        Ketua Panitia dan Koordinator YOAM

          Pada minggu ke tigayaitu pada tanggal 10 Maret 2018 , kegiatan di lakukan di salah satu sudut rumah sakit yang berada di dalam ruangan Rindu B yang bisa dijadikan tempat berkumpul. Acara kali ini dibuka oleh Gubernur PEMA Fakultas Psikologi, Ketua Panitia dan Koordinator YOAM.

14 17

Dengan beralas karpet dan susunan kursi kursi kecil, anak anak pun dikumpulkan bersama dengan Volunteer.

Pada hari itu volunteer mengajak pasien anak-anak untuk keluar ruangan inap. Mereka berkumpul di tempat yang sudah disediakan. Dengan beralas karpet dan susunan kursi kursi kecil, anak anak pun dikumpulkan bersama dengan Volunteer. Kemudian mereka di suguhkan penampilan dari para Volunteer. Mulai dari dongeng bebek dan beruang, yang menceritakan mengenai seekor bebek bungsu yang takut untuk berenang dan dimotivasi oleh temannya beruang untuk berani. berlanjut ke minidrama yang berceritakan tentang sekumpulan semut dengan tokoh yang diperankan oleh sejumlah volunteer.

 

18 19

Pertujukan sulap yang dibawakan oleh salah satu Mahasiswa Psikologi yang memiliki keahlian tersebut yaitu Jefry.

Kemudian dilanjutkan dengan pertujukan sulap yang dibawakan oleh salah satu Mahasiswa Psikologi yang memiliki keahlian tersebut yaitu Jefry. Setelah pertujukan selesai pembawa acara pun memberikan beberapa pertanyaan sederhana untuk anak-anak. Mereka yang berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah berupa mainan.

20 21

Volunteer memberikan sembako kepada YOAM untuk membantu mereka yang tinggal di rumah singgah

Acara pun ditutup dengan penulisan harapan serta perasaan setelah mengikuti kegiatan tersebut. Anak-anak tersebut bersama dengan Volunteer menempelkannya di Pohon Harapan. Tidak lupa pula Volunteer memberikan sembako kepada YOAM untuk membantu mereka yang tinggal di rumah singgah.(ZA)