PEMAS FAKULTAS PSIKOLOGI USU GOES TO TEBING

Medan, 10/1/2018.  Pada tanggal 03 Desember 2017 telah terjadi Luapan Sungai Padang yang melintasi Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara meluap. Akibatnya ribuan rumah warga yang tersebar di lima kecamatan terendam banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Banjir ini terjadi karena meluapnya serta pecahnya tanggul Sungai Sei Padang dan Sei Bahilang yang tak mampu menampung debet air akibat hujan yang terus menerus sejak hari Jumat (01/12/2017) malam di hulu kedua sungai yang memiliki ketinggian 40 cm sampai 1 meter. Sebanyak 21 kelurahan pada lima kecamatan di Kota Tebing TinggiSumatera Utara, terendam banjir sehingga menyebabkan 4.833 kepala keluarga atau 18 ribu jiwa terpaksa harus mengungsi ke daerah yang tidak terdampak banjir.pema1

Pema Fakultas Psikologi USU Memberikan bantuan Sembako Kepada Warga

 

Banjir terparah terjadi di Lingkungan 1 Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Di lokasi ini ketinggian air mencapai 2 meter. Warga pun bergotong-royong untuk mengevakuasi anak-anak dan para orangtua ke tempat yang lebih tinggi. Selain permukiman warga, banjir juga menggenangi jalan lintas antar kecamatan hingga memutus akses lalu lintas. 

pema2

Pema memberikan bantuan sembako ke Rumah Madani Tebing Tinngi

Oleh karena itu, PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat tergerak untuk mengadakan penggalangan dana di lingkungan Civitas Akademik Fakultas Psikologi USU dan membuka open donation bagi masyarakat umum dan Civitas Akademik Fakultas Psikologi USU. Open donation yang dilakukan menerima bantuan dalam bentuk sembako, uang tunai dan juga pakaian. Open donation di buka mulai dilakukan pada tanggal 11-15 desember 2017.

pema3

Anggota Pema Fakultas Psikologi sedang melakukan aksi dana

Setelah seluruh donasi terkumpul, PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan yang telah terkumpul ke Kota Tebing Tinggi pada tanggal 22 Desember 2017. Bantuan yang di salurkan berupa 20 paket sembako dan pakaian layak pakai. Bantuan ini di salurkan melalui LSM Rumah Madani di Tebing Tinggi di Jl. Sisingamangaraja, Gg. Bahagia, Kel. Bandar Sono, Kec. Padang Hulu. Bantuan yang telah di salurkan oleh PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat akan di salurkan oleh LSM Rumah Madani ke Kelurahan Bandar Sakti  yang memiliki dampak banjir terparah.(zl)