BATMAN RETURNS 2017 (Batik-Batik di Taman Fakultas Psikologi USU)

1

Medan, 17 Desember 2017. Dalam rangka Kegiatan Dies Natalis Fakultas Psikologi USU, PEMA (Pemerintahan Mahasiswa) Fakultas Psikologi USU membuat kegiatan Batman Returns (batik-batik di taman), yang berisikan workshop mengenai cara membuat batik tulis dengan mencanting. Kegiatan ini bekerja sama dengan salah satu pengrajin batik di kota Medan, yaitu Ardhina Batik dan diadakan di taman tengah Fakultas Psikologi USU.

2 3
Peserta sedang mencanting batik yang telah digambar di kain Proses perebusan kain hasil cantingan, untuk      menghilangkan bekas lilin canting
4

Proses pewarnaan hasil mencanting batik

Kegiatan membatik di taman fakultas Psikologi USU, sebelumnya juga pernah diadakan oleh PEMA periode tahun 2016, karena melihat besarnya antusias para peserta, baik itu mahasiswa Fakultas Psikologi, dosen dan mahasiswa diluar Fakultas Psikologi (umum) dalam mengikuti kegiatan Batman pada tahun lalu, maka PEMA pada periode tahun ini membuat kembali kegiatan Batman yang dinamakan dengan Batman Returns2017.

5

Kue-kue Tradisional

Kegiatan Batman Returns 2017 didekorasi dengan tema Nusantara, seperti menyajikan kue-kue tradisional serta menjelaskan deskripsi dari kue tersebut pada selebaran kertas yang bertujuan agar peserta lebih mengetahui makanan tradisional Indonesia.

6

Angklung, salah satu alat musik tradisional yang menjadi dekorasi acara

Pada tiap pondok di berikan nama-nama provinsi yang ada di Indonesia, seperti Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Jawa Timur, dsb beserta gambar dan nama rumah adat dari tiap provinsi tersebut, tak ketinggalan kain-kain batik nusantara juga menghiasi setiap pondok yang ada di taman tengah F.Psikologi USU.

7 8
Ketua Panitia Batman Returns sedang diwawancarai oleh kru Metro TV

Foto Dekan F.Psikologi USU, Gubernur F.Psikologi USU, Ketua Panitia
Batman Returns bersama
wakil presiden dan Menteri PEMA USU

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari mahasiswa Fakultas Psikologi USU, Dosen Psikologi USU, dan umum. Rangkaian acara pada kegiatan diawali dari opening yang dilakukan oleh MC (master of ceremony) dan diikuti pemberian kata sambutan oleh Ketua Panitia Batman Returns, Gubernur F.Psikologi USU dan Dekan F.Psikologi USU. Kegiatan ini diawali oleh kata sambutan ketua Panitia, Sdr. Muhammad Rozi, yang menjelaskan mengenai tujuan diadakan kegiatan Batman Returns. Setelah itu, Gubernur Pema Fakultas Psikologi, Sdr. Septiadi juga memberikan kata sambutan dan menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini diikuti tidak hanya oleh mahasiswa psikologi USU saja tetapi juga mahasiswa dilingkungan USU dan diluar lingkungan USU. Acara kegiatan Batman Return 2017 dibuka oleh dekan Fakultas Psikologi, Zulkarnain, Ph.D, psikolog. Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Psikologi berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan juga berharap pesertanya tidak terbatas pada mahasiswa dilingkungan USU saja tapi lebih banyak mengundang perserta dari luar USU.  

Selama kegiatan berlangsung ada kru Metro TV dan PEMA USU yang mewawancarai Dekan F.Psikologi USU, Gubernur F.Psikologi USU beserta Ketua Panitia Batman returns mengenai kegiatan ini.

9

Foto para Panitia Batman Returns

Kegiatan pelatihan membatik dipandu langsung oleh Bapak Edy selaku owner Ardhina Batik. Selama proses mencanting para peserta diiringi dengan alunan-alunan musik nusantara, setelah itu batikyang telah selesai di canting di rendam dahulu dalam air yang berisi pewarna(neptol). Lalu batik yang telah diwarnai akan di rebus untuk menghilangkan lilin-lilin hasil canting, kemudian batik di jemur.

10

Penyerahan sertfikat peserta batik terbaik pertama

Setelah batik sudah jadi, Bapak Edy memilih tiga batik terbaik yang telah dibuat oleh para peserta. Batik terbaik pertama dimenangkan oleh Risma selaku mahasiswa F.Psikologi USU angkatan 2016 yang ternyata ia juga merupakan pemenang batik terbaik pada Batman tahun lalu.

11 11
Penyerahan sertifikat peserta batik terbaik kedua Penyerahan sertifikat peserta batik terbaik ketiga

Batik terbaik kedua dimenangkan oleh Ruth selaku mahasiswa F.Ilmu Budaya USU dan batik terbaik ketiga dimenangkan oleh Rahmat Hidayat berasal dari luar F. Psikologi USU.Di kegiatan ini PEMA juga mengadakan photo competition dengan persyaratan peserta mem-posting foto kegiatan BATMAN ke akun sosial media mereka (instagram) lalu pemenang dipilih oleh panitia, dan yang menjadi pemenang photo competition ini ialah Eka Catur Akbar selaku mahasiswa F.Psikologi USU angkatan 2014 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp.100.000,- . Kemudian acara selanjutnya adalah doorprize lalu dilanjutkan dengan live music yang di isi oleh mahasiswa F.Psikologi USU sebagai penutup acara Batman Returns.

13

Pemenang lomba photo competition