BAKTI SOSIAL FORUM MAHASISWA ISLAM PSIKOLOGI (FORMASI) AL-QALB Fakultas Psikologi USU Tahun 2017 “Satu Hari Bersama Kutambelin”

Bismilahirrahmanirrahim..    

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

            Sabtu 25 November 2017 kegiatan bakti sosial oleh Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Al-Qalb Fakultas Psikologi USU Tahun 2017 telah dilaksanakan di Desa Kutambelin, Kec. Namanteran, Kabupaten Karo dengan tema “Satu Hari Bersama Kutambelin”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 19 orang panitia dan 16 orang volunteer, serta Badan Pengurus Harian (BPH) FORMASI Al-Qalb USU 2017 yang keseluruhannya merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi USU.

baktisosialalqlab1 Foto Panitia dan Volunteer bersama anak-anak Desa Kutambelin

Desa Kutambelin merupakan salah satu desa yang berada di daerah Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Daerah tersebut dekat dengan Gunung Sinabung namun berada pada zona nyaman. Lokasi tersebut digunakan sebagai salah satu tempat pengungsian pasca erupsi Gunung Sinabung. Kegiatan baksos yang bertema “Satu Hari bersama Kutambelin” ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pentingnya ilmu agama dalam menjalankan kehidupan. Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial mahasiswa terhadap masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan beramal.

Pelaksanaan Baksos ini dimulai dengan panitia, volunteer, dan BPH FORMASI Al-Qalb USU berkumpul di Fakultas Psikologi USU dari jam 06.00-06.30 WIB. Kemudian melakukan perjalanan menuju Desa Kutambelin yang berlangsung selama 3 jam dengan menggunakan bus Linus. Sesampainya disana, rombongan di sambut oleh para warga. Panitia dan volunteer melakukan persiapan di lokasi baksos yaitu Masjid Baitul Makmur untuk melaksanakan acara pembukaan yang dilanjutkan dengan Islamic Parenting yang dibawakan oleh 2 orang pemateri yaitu Ustadz Muhammad Natsir Koto dan Hanifa Laura Dalimunthe, M.Psi, Psikolog. Islamic Parenting dilakukan dengan tujuan dapat memberi tambahan pengetahuan bagi para orangtua di Desa Kutambelin mengenai ilmu parenting dari segi Islam dan Psikologi. Selama kegiatan Islamic Parenting berlangsung, sebagian panitia dan volunteer melakukan persiapan untuk acara makan bersama yang ikut dibantu oleh warga ketika kegiatan Islamic Parenting selesai.

baktisosialalqlab2 baktisosialalqlab3
baktisosialalqlab21

Pada jam 11.00 WIB panitia dan volunteer melaksanakan games dengan anak-anak yang telah berkumpul di lokasi baksos. Games ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan kerjasama antar anak-anak di desa Kutambelin. Salah satu gamenya ialah ‘Bisik Berantai” yang dilakukan dengan membariskan anak, kemudian kapten atau ketua setiap tim mendapat satu kalimat yang harus di bisikkan pada temannya di barisan pertama, dan terus berantai sampai barisan terakhir. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk berkonsentrasi dan saling bekerjasama sehingga hasil akhirnya baik. Games dilakukan hingga Adzan berkumandang dan seluruhnya melaksanakan Sholat Zuhur bersama.

baktisosialalqlab4

Setelah melaksanakan sholat Zuhur berjamaah, warga dan pelaksana baksos berkumpul dan melakukan makan bersama. Makan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai kebersamaan. Dengan masak bersama, makan bersama diharapkan lebih mempererat jalinan persaudaraan diantara pelaksana baksos dengan warga desa Kutambelin. Hal ini mencerminkan kesederahana namun dapat mempererat persaudaraan. Setelah acara makan bersama, dilakukan pemberian donasi yang telah dikumpulkan panitia sejak sekitar dua minggu sebelum acara baksos berlangsung.

baktisosialalqlab6 baktisosialalqlab7
baktisosialalqlab8 baktisosialalqlab9

Kemudian, panitia dan volunteer kembali mengumpulkan anak-anak disebuah kelas dan memberikan materi cita-cita yang dilanjutkan dengan membuat pohon impian. Tema cita-dipilih agar panitia dan volunteer sebagai mahasiswa psikologi dapat berperan dalam memberikan motivasi serta semangat bagi anak-anak untuk mencapai cita-citanya. Dengan berbagi cerita tentang cita-cita diharapkan anak-anak di desa Kutambelin tetap memiliki semangat yang lebih untuk mecapai cita-cita. Ada hal yang menarik ketika seorang anak yang ditanya “kenapa ingin jadi tentara?” anak tersebut menjawab “agar bisa melindungi kampung halaman”. Pohon impian kami jadikan objek dimana anak-anak menggantungkan kertas yang berisi cita-cita mereka. Diharapkan hal ini bisa lebih menanamkan pada hati mereka untuk mewujudkan cita-citanya.

baktisosialalqlab10 baktisosialalqlab11
baktisosialalqlab12

Setelah pembuatan pohon impian, panitia dan volunteer mengumpulkan anak-anak diluar ruangan dan melakukan ice breaking berupa “senam pinguin” dan dilanjutkan dengan penyuluhan cuci tangan.

baktisosialalqlab13 baktisosialalqlab14
baktisosialalqlab15 baktisosialalqlab16

Selanjutnya dilakukan sholat Ashar berjamaah yang dilanjutkan dengan acara penutupan dan foto bersama.

baktisosialalqlab17 baktisosialalqlab18
baktisosialalqlab19

Terakhir, panitia dan volunteer mempersiapkan barang-barang dan melakukan perjalanan pulang ke Fakultas Psikologi USU.