BAKTI SOSIAL FAKULTAS PSIKOLOGI USU 2017 BERIMAN (Berbagi Bersama di Kampung Nelayan)

Kegiatan Bakti Sosial yang dilaksanakan Fakultas Psikologi USUpada hariSabtu, 25 Februari 2017 di Kampung Nelayan dengan agenda BERIMAN ( BERBAGI bersama di Kampung Nelayan ). Tepatnya di jalan. Kampung Nelayan Kel. Nelayan, Kec. Medan Labuhan, Sumatera Utara 20524. Selain Mahasiswa Psikologi USU 2017 yang menjadi panitia, dan menjadi relawan atau volunteer, Bakti Sosial Fakultas Psikologi USU 2017 juga bekerjasama dengan komunitas 1000 guru medan, UKM Scoph Fakultas Kedokteran USU sebagai partner dalam pengobatan gratis. Panitia yang dipilih yaitu sebanyak 20 orang dirasa cukup untuk melaksanakan kegiatan Bakti Sosial Fakultas Psikologi USU.Bakti Sosial tahun ini juga melibatkan17 mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai universitas dan fakultas seperti Arsitektur USU, Fisip USU, PsikologiUMA, dan Ilmu Bahasa Unimed sebagai volunteer yang direkrut pada Bakti Sosial tahun ini.

kampungnelayanUntitled

Panitia BERIMAN (Berbagi Bersama di Kampung Nelayan)

Komunikasi dengan pihak Kampung Nelayan terjalin dengan baik, karena dilakukan survey sebanyak 3 kali untuk memastikan setiap tempat yaitu di Sekolah Dasar Negri di Kampung Nelayan dan juga hubungan baik dengan Kepala Lingkungan untuk mengundang masyarakat dalam pemberian pengobatan gratis. Komunikasi yang baik juga dijalin ke beberapa komuntas seperti 1000 Guru Medan dan Scoph FK USU untuk membantu pengobatan gratis di Kampung Nelayan, selain itu panitia juga menjalin komunikasi yang baik dengan para donatur yang telah memberikan donasi berupa pakaian, uang, alat tulis, buku pelajaran dll. Mayarakat Kampung Nelayan sangat menyambut kedatangan Volunteer dan Panitia untuk menyelenggarakan Bakti Sosial di daerah mereka.

kampungnelayan1 kampungnelayan2

Bakti Sosial Fakultas Psikologi USU 2017 dilakukan sebagai bentuk kepedulian akan keadaan sekitar, sebagai generasi muda, divisi Pengabdian Masyarakat (Pemas) dibawah Pemerintahan Mahasiswa (Pema) mengadakan sebuah kegiatan untuk mengajak generasi muda lainnya turut berpartisipasi dalam sebuah kegiatan membaktikan diri pada masyarakat yang membutuhkan. Tahun ini Kampung Nelayan terpilih sebagai lokasi tempat diadakannya Bakti Sosial Fakultas Psikologi USU, Kampung ini dipilih karena masyarakatnya masih terbilang berada pada status ekonomi menengah kebawah dan tingkat pendidikan anak-anak masyarakat Kampung Nelayan juga tergolong rendah.

kampungnelayan3 kampungnelayan4

Proses pelaksaan bakti sosial Bakti Sosial Fakultas Psikologi USU 2017 dimulai dari para volunteer dan panitia berkumpul di Fakultas Psikologi pada jam 6.20. kemudian pemberian arahan dari dosen pembimbing yaitu Ibu Meutia Nauly yang ikut dalam kegiatan Bakti Sosial. Setelah itu, seluruh panitia dan volunteer melakukan perjalanan dengan menggunakan bus. Perjalanan ditempuh selama 2 jam. Sesampainya di Kampung Nelayan, para volunteer dan panitia menyiapkan barang-barang yang akan digunakan dalam kegiatan mengajar di SDN 068009. Saat mengajar, para volunteer mengajarkan siswa-siswi di SD sesuai dengan tema yang telah disiapkan. Setelah selesai mengajar, para volunteer mengajarkan lagu cuci tangan ceria. Kemudian siswa-siswi melakukan cuci tangan ceria dilapangan. Kegiatan berikutnya yaitu cuci tangan ceria, kegiatan selanjutnya adalah pohon impian dimana siswa-siswi diminta untuk menuliskan cita-citanya lalu menempelkan cita-cita mereka di spanduk yang berbentuk pohon yang telah disediakan. Selanjutnya,mereka dibagikan snack, lalu para volunteer dan panitia beristirahat untuk makan siang dan solat. Setelah makan siang, ada sedikit evaluasi dan briefing yang di berikan panitia untuk kegiatan selanjutnya,

kampungnelayan5 kampungnelayan6

Siang hari, kegiatan yang dilaksanakan adalah cek golongan darah, pemeriksaan dan pemberian obat-obatan gratis dan pelatihan cuci piring. Cek golongan darah dan pengobatan gratis dilakukan pada satu ruangan yang telah disiapkan, ibu-ibu sebelumnya sudah diberikan nomor antrian agar pengobatan gratis berjalan dengan tertib, pada waktu yang sama kami juga melakukan pelatihan sabun cuci piring yang dihadiri ibu-ibu setempat yang sedang menunggu nomor antrian.

kampungnelayan7 kampungnelayan8

Dipenghujung acara, penutupan diisi dengan kata sambutan dari ketua panitia, gubernur Fakultas Psikologi, Dosen Pembimbing, Ketua RT, perwakilan 1000 guru dan penampilan para volunteer. Setelah penutupan, seluruh panitia dan volunteer melakukan foto bersama.Terakhir, seluruh panitia dan volunteer mempersiapkan barang-barang untuk pulang. Diperjalanan, saat waktu menunjukkan waktu maghrib kami berhenti di salah satu musholla terdekat. Kemudian kami melanjutkan perjalanan sampai ke Fakultas Psikologi USU.(zl)