Psycho Syar’i FORMASI Al-Qalb USU 2016

Medan, 24/01/2016. Program Psycho Syar’i ketiga dalam kepengurusan FORMASI Al-Qalb USU 2016 diselenggarakan pada hari Senin tanggal 16 Januari 2017 dengan tema “How to be a Great Leader”. Pemateri yang mengisi Psycho Syar’i yang membahas dari perspektif Ilmu Psikologi adalah salah satu dosen Departemen PIO (Psikologi Industri dan Organisasi) sekaligus Dekan di Fakultas Psikologi USU yaitu Bapak Zulkarnain, Ph.D., sedangkan pemateri yang membahas dari perspektif Agama Islam adalah Ustadz Seto Marsudi. Psycho Syar’i dihadiri oleh 43 peserta yang terdiri dari mahasiswa muslim dan non-muslim Fakultas Psikologi USU dan mahasiswa muslim USU dari fakultas berbeda. Psycho Syar’i dimulai pada pukul 16.30 WIB dan dibuka oleh Rizki Sulaiman selaku MC (Master of Ceremony). Kemudian dilanjutkan dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al-Qur’an yang dibacakan oleh Septiadi.

Psycho Syar’i merupakan salah satu program kerja Divisi Psikologi Islami – Departemen ‘Ilmi FORMASI Al-Qalb USU yang biasa diselenggarakan satu kali dalam sebulan pada masa perkuliahan. Psycho Syar’i merupakan suatu program yang mengkaji isu-isu serta fenomena-fenomena yang ada di masyarakat menggunakan perspektif ilmu psikologi dan perspektif agama islam. Fenomena-fenomena di masyarakat yang sedang hangat biasanya menjadi diangkat menjadi tema pada program Psycho Syar’i. Berdasarkan tema yang diangkat, materi yang dibahas menggunakan perspektif ilmu Psikologi akan dijelaskan oleh dosen Fakultas Psikologi USU yang berkompeten di bidang yang terkait dengan tema yang diangkat, sedangkan pembahasan menggunakan perspektif agama Islam akan dijelaskan oleh seorang Ustadz. Peserta yang dapat menghadiri program ini bukan hanya mahasiswa muslim Fakultas Psikologi USU saja, tetapi program ini terbuka untuk umum (baik muslim maupun non-muslim; baik mahasiswa maupun non-mahasiswa).

Ilmu Psikologi dan Agama Islam merupakan dua hal yang dapat saling dikaitkan dan tidak terpisahkan dalam kehidupan manusia. Hal inilah yang melandasi diadakannya program Psycho Syar’i, sehingga program ini diharapkan dapat menambah pengetahuan serta pemahaman bagaimana menyikapi suatu fenomena di masyarakat menggunakan perspektif Ilmu Psikologi dan juga perspektif Agama Islam dengan cara yang tepat.

sari1

Suasana ketika Psycho Syar'i sedang berlangsung

Materi “Kepemimpinan” dari perspektif Ilmu Psikologi yang dijelaskan oleh Bapak Zulkarnain selama ±35 menit. Setelah penjelasan materi selesai, MC meminta Bapak Zulkarnain untuk memberikan satu pertanyaan yang akan dijawab oleh salah satu peserta Psycho Syar’i. Setelah salah satu peserta berhasil menjawab pertanyaan dari Bapak Zulkarnain, acara dilanjutkan dengan mendengarkan materi “Kepemimpinan” dari perspektif Agama Islam yang dijelaskan oleh Ustadz Seto selama ±35 menit. Setelah penjelasan materi selesai, MC meminta Ustadz Seto untuk memberikan satu pertanyaan yang akan dijawab oleh salah satu peserta Psycho Syar’i. Setelah salah satu peserta berhasil menjawab pertanyaan dari Ustadz Seto, MC membuka sesi diskusi dengan memberikan kesempatan kepada dua orang peserta untuk memberikan pertanyaan masing-masing satu pertanyaan kepada Bapak Zulkarnain dan kepada Ustadz Seto.

sar2 sar3
Penyerahan sertifikat dan souvenir kepada Bapak Zulkarnain Penyerahan sertifikat dan souvenir kepada Ustadz Seto

Setelah sesi diskusi selesai, acara dilanjutkan dengan memberikan hadiah kepada kedua peserta yang berhasil menjawab pertanyaan yang diberikan oleh Bapak Zulkarnain dan Ustadz Seto. Kemudian acara selajutnya adalah penyerahan sertifikat dan souvenir kepada kedua pemateri. Selanjutnya acara ditutup dengan Do’a yang dibawakan oleh Rizki Ramadhan. (za).