Mahasiswa F.Psikologi USU mewakili pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Provinsi SUMUT tahun 2016

Medan. 10/1/2016. Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe merupakan agenda rutin tahunan BKKBN ( Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional ), kegiatan ini mempunyai tujuan umum; mensosialisasikan program GenRe dikalangan Mahasiswa, serta meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Perilaku untuk berperilaku sehat dan berakhlak. Sedangkan tujuan khusus yaitu; Mempromosikan program GenRe melalui figur Duta Mahasiswa, Menumbuhkan dan mengembangkan PIK Mahasiswa (Pusat Informasi Konseling- Mahasiswa) melalui pendekatan ramah mahasiswa, Menyiapkan figure mahasiswa untuk menjadi model, contoh dan teladan bagi teman-teman mahasiswa sebaya dan menyiapkan mahasiswa yang berperilaku sehat dan berakhlak.

gendre1

Untuk mengikuti pemilihan Duta mahasiswa Genre ini, hal-hal yang harus dipersiapkan adalah seperti, penampilan bakat, kemampuanpublic speaking, pengetahuan umum, pengetahuan tentang wawasan Kependudukan, wawasan Kebangsaan, Kepribadian dan juga pengetahuan mengenai Narkoba, Sex pranikah, pernikahan dini, Bonus demografi, Kesehatan Reproduksi dll.

Pada pertengahan Maret 2016, pendaftaran Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Sumatera Utara pun dibuka. Pada 18 - 21 Maret 2016, pemilihan diadakan di berbagai kampus yang ada di Sumatera Utara dan juga di kantor Bkkbn Prov-Sumut. Salah satu mahasiswa Fakultas Psikologi USU mewakili Duta Mahasiswa GenRe Provinsi Sumatera Utara adalah Muhammad Ari Permana mahasiswa angkatan tahun 2014. Selama karantina di kantor Bkkbn prov-sumut, mendapatkan materi mengenai materi kependudukan, Triad-KRR ( Kesehatan Reproduksi Remaja ), Triad-KRR adalah tiga resiko yang harus dihadapi mahasiswa yaitu Seksualitas, HIV / AIDS dan Napza( Narkotika, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya ). Materi PIK (Pusat Informasi Konseling), dan juga materi keperibadian, selama karantina juga terdapat beberapa kelas penjurian di antaranya, kelas penjurian wawancara kebangsaan, wawancara keperibadian, penampilan bakat, penjurian sosialisasi langsung kesekolah yang ada di prov-Sumut yang bertepatan di salah satu SMA Muhammadiyah di kota medan, dan presentase kegiatan selama menjadi PIK-M (Pusat Informasi Konseling- Mahasiswa) dan juga program yang akan di laksanakan pada saat terpilih. Tanggal 21 maret 2016, merupakan malam puncak dari seluruh rangkaian kegiatan pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Prov-Sumut.

genre2

Muhammad Ari Permana terpilih sebagai Duta Mahasiswa Genre Sumut 2016, untuk mewakili Provinsi Sumatera Utara untuk mengikuti pemiliihan Duta Genre Indonesia 2016, yang diadakan pada tanggal 21-25 November 2016 di High Land Park Resort Bogor. Pemilihan Duta Genre ini di ikuti oleh 68 peserta dari tiap perwakilan putera dan puteri dari seluruh provinsi di Indonesia yang mana kegiatan ini juga diadakan bersamaan dengan pentalokasaka kencana.

Selama di karantina 5 hari, kami mendapat pemahaman materi mengenai PIK (Pusat Informasi Konseling), Wawasan kependudukan, Revolusi mental, public speaking Layanan iklan masyarakat dan Motivasi remaja untuk bekarya. Pada malam penganugrahan Pemilihan Duta Genre Indonesia 2016 seluruh peserta dari perwakilan provinsi melakukan parade di panggung, dilanjutkan dengan pengumuman 10 besar, Alhamdulillah saya masuk di 10 besar tersebut, di lanjutkan dengan Tanya jawab oleh juri, kemudian semua peserta turun dan di lanjutkan dengan penampiln artis ibu kota, dan kemudian yang 10 besarta di di panggil kembali dan di lanjutkan dengan pengumuman 5 besar, pada saat pengumuman 5 besar, Sumatera Utara tidak masuk di 5 besar tersebut. Dan pada saat penobatan Sumatera Utara mendapatkan Juara Favorit Putera Duta GenRe Indonesia 2016. Putera kelahiran Rantau Prapat 3 Agustus 1996 mewakili dari provinsi Sumatera Utara sebagai Juara Favorit Putera Duta GenRe Indonesia 2016.

genre3