1

Medan, 4/4/2018. PEMA (Pemerintah Mahasiswa) Fakultas Psikologi USUtelah selesai melaksanakan acara bakti sosial bersama YOAM (Yayasan Onkologi Anak Medan). Acara ini terselenggara pada tanggal 24 Februari, 3 dan 10 Maret 2018di Rumah Sakit Umum Pusat H. Adam Malik. Bakti sosial yang dilakukan bertujuan untuk membantu dan meringankan beban psikologis anak-anak yang terkena penyakit kanker.

Kegiatan Minggu Pertama

2 3

anggota dari PEMA Fakultas Psikologi dan Volunteer yang merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi

YOAM sangat mengapresisasi kegiatan ini karena mahasiswa psikologi bisa memberikan bantuan terhadap anak anak pejuang kanker seperti memberi semangat serta berbagi kecerian dengan anak-anak pejuang kanker tersebut. Acara ini diikuti oleh anggota dari PEMA Fakultas PsikologiUSU dan Volunteer yang merupakan mahasiswa Fakultas PsikologiUSU.

4 5

Volunteer mendatangi pasien anak kanker di ruang inap Rindu B.

Pada minggu pertama bakti sosial, Volunteer mendatangi pasien anak kanker yang berada di ruang inap Rindu B. Mereka membangun rapport dengan pasien dan keluarga untuk dapat menciptakan suasana yang nyaman. Para pasien yang berada disana merasa senang mendapat kunjungan dari mahasiswa walaupun mereka tidak mengenal sebelumnya.

6 7

Selain mendongeng, para Volunteer juga mengajarkan anak-anak pejuang kanker bermain menggunakan kertas origami

Orang tua dari anak-anak pejuang kanker ini banyak bercerita tentang keadaaan anak mereka. Kemudian Volunteer mengajak para anak-anak untuk bercerita dengan menggunakan metodePuppet yang bergambar kartun yang disenangi oleh anak-anak. Selain mendongeng, para Volunteer juga mengajarkan anak-anak pejuang kanker bermain menggunakan kertas origami.

Kegiatan Minggu kedua

8 9

Volunteer membangun rapport dengan pasien dan keluarga dengan metode yang sama dengan menggunakan Puppet yang bergambar kartun.

Pada minggu ke dua bakti sosial yaitu pada tanggal 3 Maret 2018, Volunteer kembali mendatangi pasien yang berada di ruang inap Rindu B. Diawal kunjunguan Volunteer membangun rapport dengan pasien dan keluarga dengan metode yang sama dengan minggu lalu dengan menggunakan Puppet yang bergambar kartun. Hal ini kembali dilakukan dikarenakan beberapa pasien berganti dari minggu pertama.

10 11

Para Volunteer mengajak beberapa pasien untuk mewarnai gambar yang telah di sediakan oleh panitia.

Setelah itu para Volunteer mengajak beberapa pasien untuk mewarnai gambar yang telah di sediakan oleh panitia. Setelah pasien selesai mewarnai gambar yang telah di sediakan panitia. Pasien diberikan reward berupa mainan. Kemudian tak lupa menuliskan harapan dan perasaan yang mereka rasakan pada hari ini di secarik kertas. Pasien tampak gembira dengan kegiatan mewarnai. Mereka mengatakan bahwa sangat membosankan tidak melakukan kegiatan apapun dan hanya berbaring atau berjalan jalan di sekitar Rumah Sakit.

Kegiatan Minggu Ketiga

12

                     Gubernur PEMA Fakultas Psikologi USU

13

                        Ketua Panitia dan Koordinator YOAM

          Pada minggu ke tigayaitu pada tanggal 10 Maret 2018 , kegiatan di lakukan di salah satu sudut rumah sakit yang berada di dalam ruangan Rindu B yang bisa dijadikan tempat berkumpul. Acara kali ini dibuka oleh Gubernur PEMA Fakultas Psikologi, Ketua Panitia dan Koordinator YOAM.

14 17

Dengan beralas karpet dan susunan kursi kursi kecil, anak anak pun dikumpulkan bersama dengan Volunteer.

Pada hari itu volunteer mengajak pasien anak-anak untuk keluar ruangan inap. Mereka berkumpul di tempat yang sudah disediakan. Dengan beralas karpet dan susunan kursi kursi kecil, anak anak pun dikumpulkan bersama dengan Volunteer. Kemudian mereka di suguhkan penampilan dari para Volunteer. Mulai dari dongeng bebek dan beruang, yang menceritakan mengenai seekor bebek bungsu yang takut untuk berenang dan dimotivasi oleh temannya beruang untuk berani. berlanjut ke minidrama yang berceritakan tentang sekumpulan semut dengan tokoh yang diperankan oleh sejumlah volunteer.

 

18 19

Pertujukan sulap yang dibawakan oleh salah satu Mahasiswa Psikologi yang memiliki keahlian tersebut yaitu Jefry.

Kemudian dilanjutkan dengan pertujukan sulap yang dibawakan oleh salah satu Mahasiswa Psikologi yang memiliki keahlian tersebut yaitu Jefry. Setelah pertujukan selesai pembawa acara pun memberikan beberapa pertanyaan sederhana untuk anak-anak. Mereka yang berhasil menjawab akan mendapatkan hadiah berupa mainan.

20 21

Volunteer memberikan sembako kepada YOAM untuk membantu mereka yang tinggal di rumah singgah

Acara pun ditutup dengan penulisan harapan serta perasaan setelah mengikuti kegiatan tersebut. Anak-anak tersebut bersama dengan Volunteer menempelkannya di Pohon Harapan. Tidak lupa pula Volunteer memberikan sembako kepada YOAM untuk membantu mereka yang tinggal di rumah singgah.(ZA)

 

 

Medan, 10/1/2018.  Pada tanggal 03 Desember 2017 telah terjadi Luapan Sungai Padang yang melintasi Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara meluap. Akibatnya ribuan rumah warga yang tersebar di lima kecamatan terendam banjir di Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara. Banjir ini terjadi karena meluapnya serta pecahnya tanggul Sungai Sei Padang dan Sei Bahilang yang tak mampu menampung debet air akibat hujan yang terus menerus sejak hari Jumat (01/12/2017) malam di hulu kedua sungai yang memiliki ketinggian 40 cm sampai 1 meter. Sebanyak 21 kelurahan pada lima kecamatan di Kota Tebing TinggiSumatera Utara, terendam banjir sehingga menyebabkan 4.833 kepala keluarga atau 18 ribu jiwa terpaksa harus mengungsi ke daerah yang tidak terdampak banjir.pema1

Pema Fakultas Psikologi USU Memberikan bantuan Sembako Kepada Warga

 

Banjir terparah terjadi di Lingkungan 1 Kelurahan Bandar Utama, Kecamatan Tebing Tinggi Kota. Di lokasi ini ketinggian air mencapai 2 meter. Warga pun bergotong-royong untuk mengevakuasi anak-anak dan para orangtua ke tempat yang lebih tinggi. Selain permukiman warga, banjir juga menggenangi jalan lintas antar kecamatan hingga memutus akses lalu lintas. 

pema2

Pema memberikan bantuan sembako ke Rumah Madani Tebing Tinngi

Oleh karena itu, PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat tergerak untuk mengadakan penggalangan dana di lingkungan Civitas Akademik Fakultas Psikologi USU dan membuka open donation bagi masyarakat umum dan Civitas Akademik Fakultas Psikologi USU. Open donation yang dilakukan menerima bantuan dalam bentuk sembako, uang tunai dan juga pakaian. Open donation di buka mulai dilakukan pada tanggal 11-15 desember 2017.

pema3

Anggota Pema Fakultas Psikologi sedang melakukan aksi dana

Setelah seluruh donasi terkumpul, PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat turun ke lapangan untuk menyalurkan bantuan yang telah terkumpul ke Kota Tebing Tinggi pada tanggal 22 Desember 2017. Bantuan yang di salurkan berupa 20 paket sembako dan pakaian layak pakai. Bantuan ini di salurkan melalui LSM Rumah Madani di Tebing Tinggi di Jl. Sisingamangaraja, Gg. Bahagia, Kel. Bandar Sono, Kec. Padang Hulu. Bantuan yang telah di salurkan oleh PEMA Fakultas Psikologi USU Departemen Pengabdian Masyarakat akan di salurkan oleh LSM Rumah Madani ke Kelurahan Bandar Sakti  yang memiliki dampak banjir terparah.(zl)

Bismilahirrahmanirrahim..    

Assalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh..

            Sabtu 25 November 2017 kegiatan bakti sosial oleh Forum Mahasiswa Islam Psikologi (FORMASI) Al-Qalb Fakultas Psikologi USU Tahun 2017 telah dilaksanakan di Desa Kutambelin, Kec. Namanteran, Kabupaten Karo dengan tema “Satu Hari Bersama Kutambelin”. Kegiatan ini dilaksanakan dengan 19 orang panitia dan 16 orang volunteer, serta Badan Pengurus Harian (BPH) FORMASI Al-Qalb USU 2017 yang keseluruhannya merupakan mahasiswa Fakultas Psikologi USU.

baktisosialalqlab1 Foto Panitia dan Volunteer bersama anak-anak Desa Kutambelin

Desa Kutambelin merupakan salah satu desa yang berada di daerah Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Daerah tersebut dekat dengan Gunung Sinabung namun berada pada zona nyaman. Lokasi tersebut digunakan sebagai salah satu tempat pengungsian pasca erupsi Gunung Sinabung. Kegiatan baksos yang bertema “Satu Hari bersama Kutambelin” ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan baru mengenai pentingnya ilmu agama dalam menjalankan kehidupan. Kegiatan bakti sosial ini merupakan bentuk kepedulian dan tanggung jawab sosial mahasiswa terhadap masyarakat. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi sarana bagi mahasiswa untuk menerapkan ilmu dan beramal.

Pelaksanaan Baksos ini dimulai dengan panitia, volunteer, dan BPH FORMASI Al-Qalb USU berkumpul di Fakultas Psikologi USU dari jam 06.00-06.30 WIB. Kemudian melakukan perjalanan menuju Desa Kutambelin yang berlangsung selama 3 jam dengan menggunakan bus Linus. Sesampainya disana, rombongan di sambut oleh para warga. Panitia dan volunteer melakukan persiapan di lokasi baksos yaitu Masjid Baitul Makmur untuk melaksanakan acara pembukaan yang dilanjutkan dengan Islamic Parenting yang dibawakan oleh 2 orang pemateri yaitu Ustadz Muhammad Natsir Koto dan Hanifa Laura Dalimunthe, M.Psi, Psikolog. Islamic Parenting dilakukan dengan tujuan dapat memberi tambahan pengetahuan bagi para orangtua di Desa Kutambelin mengenai ilmu parenting dari segi Islam dan Psikologi. Selama kegiatan Islamic Parenting berlangsung, sebagian panitia dan volunteer melakukan persiapan untuk acara makan bersama yang ikut dibantu oleh warga ketika kegiatan Islamic Parenting selesai.

baktisosialalqlab2 baktisosialalqlab3
baktisosialalqlab21

Pada jam 11.00 WIB panitia dan volunteer melaksanakan games dengan anak-anak yang telah berkumpul di lokasi baksos. Games ini dilakukan dengan tujuan untuk menanamkan kerjasama antar anak-anak di desa Kutambelin. Salah satu gamenya ialah ‘Bisik Berantai” yang dilakukan dengan membariskan anak, kemudian kapten atau ketua setiap tim mendapat satu kalimat yang harus di bisikkan pada temannya di barisan pertama, dan terus berantai sampai barisan terakhir. Hal ini mengajarkan anak-anak untuk berkonsentrasi dan saling bekerjasama sehingga hasil akhirnya baik. Games dilakukan hingga Adzan berkumandang dan seluruhnya melaksanakan Sholat Zuhur bersama.

baktisosialalqlab4

Setelah melaksanakan sholat Zuhur berjamaah, warga dan pelaksana baksos berkumpul dan melakukan makan bersama. Makan bersama ini bertujuan untuk meningkatkan nilai-nilai kebersamaan. Dengan masak bersama, makan bersama diharapkan lebih mempererat jalinan persaudaraan diantara pelaksana baksos dengan warga desa Kutambelin. Hal ini mencerminkan kesederahana namun dapat mempererat persaudaraan. Setelah acara makan bersama, dilakukan pemberian donasi yang telah dikumpulkan panitia sejak sekitar dua minggu sebelum acara baksos berlangsung.

baktisosialalqlab6 baktisosialalqlab7
baktisosialalqlab8 baktisosialalqlab9

Kemudian, panitia dan volunteer kembali mengumpulkan anak-anak disebuah kelas dan memberikan materi cita-cita yang dilanjutkan dengan membuat pohon impian. Tema cita-dipilih agar panitia dan volunteer sebagai mahasiswa psikologi dapat berperan dalam memberikan motivasi serta semangat bagi anak-anak untuk mencapai cita-citanya. Dengan berbagi cerita tentang cita-cita diharapkan anak-anak di desa Kutambelin tetap memiliki semangat yang lebih untuk mecapai cita-cita. Ada hal yang menarik ketika seorang anak yang ditanya “kenapa ingin jadi tentara?” anak tersebut menjawab “agar bisa melindungi kampung halaman”. Pohon impian kami jadikan objek dimana anak-anak menggantungkan kertas yang berisi cita-cita mereka. Diharapkan hal ini bisa lebih menanamkan pada hati mereka untuk mewujudkan cita-citanya.

baktisosialalqlab10 baktisosialalqlab11
baktisosialalqlab12

Setelah pembuatan pohon impian, panitia dan volunteer mengumpulkan anak-anak diluar ruangan dan melakukan ice breaking berupa “senam pinguin” dan dilanjutkan dengan penyuluhan cuci tangan.

baktisosialalqlab13 baktisosialalqlab14
baktisosialalqlab15 baktisosialalqlab16

Selanjutnya dilakukan sholat Ashar berjamaah yang dilanjutkan dengan acara penutupan dan foto bersama.

baktisosialalqlab17 baktisosialalqlab18
baktisosialalqlab19

Terakhir, panitia dan volunteer mempersiapkan barang-barang dan melakukan perjalanan pulang ke Fakultas Psikologi USU.

 

1

Medan, 17 Desember 2017. Dalam rangka Kegiatan Dies Natalis Fakultas Psikologi USU, PEMA (Pemerintahan Mahasiswa) Fakultas Psikologi USU membuat kegiatan Batman Returns (batik-batik di taman), yang berisikan workshop mengenai cara membuat batik tulis dengan mencanting. Kegiatan ini bekerja sama dengan salah satu pengrajin batik di kota Medan, yaitu Ardhina Batik dan diadakan di taman tengah Fakultas Psikologi USU.

2 3
Peserta sedang mencanting batik yang telah digambar di kain Proses perebusan kain hasil cantingan, untuk      menghilangkan bekas lilin canting
4

Proses pewarnaan hasil mencanting batik

Kegiatan membatik di taman fakultas Psikologi USU, sebelumnya juga pernah diadakan oleh PEMA periode tahun 2016, karena melihat besarnya antusias para peserta, baik itu mahasiswa Fakultas Psikologi, dosen dan mahasiswa diluar Fakultas Psikologi (umum) dalam mengikuti kegiatan Batman pada tahun lalu, maka PEMA pada periode tahun ini membuat kembali kegiatan Batman yang dinamakan dengan Batman Returns2017.

5

Kue-kue Tradisional

Kegiatan Batman Returns 2017 didekorasi dengan tema Nusantara, seperti menyajikan kue-kue tradisional serta menjelaskan deskripsi dari kue tersebut pada selebaran kertas yang bertujuan agar peserta lebih mengetahui makanan tradisional Indonesia.

6

Angklung, salah satu alat musik tradisional yang menjadi dekorasi acara

Pada tiap pondok di berikan nama-nama provinsi yang ada di Indonesia, seperti Sulawesi Tengah, Sumatera Utara, Jawa Timur, dsb beserta gambar dan nama rumah adat dari tiap provinsi tersebut, tak ketinggalan kain-kain batik nusantara juga menghiasi setiap pondok yang ada di taman tengah F.Psikologi USU.

7 8
Ketua Panitia Batman Returns sedang diwawancarai oleh kru Metro TV

Foto Dekan F.Psikologi USU, Gubernur F.Psikologi USU, Ketua Panitia
Batman Returns bersama
wakil presiden dan Menteri PEMA USU

Para peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari mahasiswa Fakultas Psikologi USU, Dosen Psikologi USU, dan umum. Rangkaian acara pada kegiatan diawali dari opening yang dilakukan oleh MC (master of ceremony) dan diikuti pemberian kata sambutan oleh Ketua Panitia Batman Returns, Gubernur F.Psikologi USU dan Dekan F.Psikologi USU. Kegiatan ini diawali oleh kata sambutan ketua Panitia, Sdr. Muhammad Rozi, yang menjelaskan mengenai tujuan diadakan kegiatan Batman Returns. Setelah itu, Gubernur Pema Fakultas Psikologi, Sdr. Septiadi juga memberikan kata sambutan dan menjelaskan bahwa dalam kegiatan ini diikuti tidak hanya oleh mahasiswa psikologi USU saja tetapi juga mahasiswa dilingkungan USU dan diluar lingkungan USU. Acara kegiatan Batman Return 2017 dibuka oleh dekan Fakultas Psikologi, Zulkarnain, Ph.D, psikolog. Dalam kesempatan tersebut, Dekan Fakultas Psikologi berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan setiap tahunnya dan juga berharap pesertanya tidak terbatas pada mahasiswa dilingkungan USU saja tapi lebih banyak mengundang perserta dari luar USU.  

Selama kegiatan berlangsung ada kru Metro TV dan PEMA USU yang mewawancarai Dekan F.Psikologi USU, Gubernur F.Psikologi USU beserta Ketua Panitia Batman returns mengenai kegiatan ini.

9

Foto para Panitia Batman Returns

Kegiatan pelatihan membatik dipandu langsung oleh Bapak Edy selaku owner Ardhina Batik. Selama proses mencanting para peserta diiringi dengan alunan-alunan musik nusantara, setelah itu batikyang telah selesai di canting di rendam dahulu dalam air yang berisi pewarna(neptol). Lalu batik yang telah diwarnai akan di rebus untuk menghilangkan lilin-lilin hasil canting, kemudian batik di jemur.

10

Penyerahan sertfikat peserta batik terbaik pertama

Setelah batik sudah jadi, Bapak Edy memilih tiga batik terbaik yang telah dibuat oleh para peserta. Batik terbaik pertama dimenangkan oleh Risma selaku mahasiswa F.Psikologi USU angkatan 2016 yang ternyata ia juga merupakan pemenang batik terbaik pada Batman tahun lalu.

11 11
Penyerahan sertifikat peserta batik terbaik kedua Penyerahan sertifikat peserta batik terbaik ketiga

Batik terbaik kedua dimenangkan oleh Ruth selaku mahasiswa F.Ilmu Budaya USU dan batik terbaik ketiga dimenangkan oleh Rahmat Hidayat berasal dari luar F. Psikologi USU.Di kegiatan ini PEMA juga mengadakan photo competition dengan persyaratan peserta mem-posting foto kegiatan BATMAN ke akun sosial media mereka (instagram) lalu pemenang dipilih oleh panitia, dan yang menjadi pemenang photo competition ini ialah Eka Catur Akbar selaku mahasiswa F.Psikologi USU angkatan 2014 dan mendapatkan hadiah sebesar Rp.100.000,- . Kemudian acara selanjutnya adalah doorprize lalu dilanjutkan dengan live music yang di isi oleh mahasiswa F.Psikologi USU sebagai penutup acara Batman Returns.

13

Pemenang lomba photo competition

Page 1 of 5