Pendirian Program Studi Magister Psikologi Profesi, Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan hasil perjuangan, dedikasi, dan kerja keras civititas akademika USU. Landasan pendirian PS Magister Psikologi Profesi USU merujuk pada hasil Kongres HIMPSI VIII tahun 2000 di Bandung yang memutuskan bahwa pendidikan Profesi Psikologi disetarakan dengan jenjang master. Dan yang berhak menyelenggarakan pendidikan Profesi Psikologi adalah Lembaga Perguruan Tinggi.

Lebih lanjut, hasil Kongres HIMPSI VIII tersebut dibahas dalam pertemuan Kolokium Fakultas-Fakultas Psikologi di Indonesia. Sejak pertemuan Kolokium ke VI sampai pertemuan Kolokium Psikologi ke VIII di Jawa Timur yang dihadiri oleh 31 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta serta HIMPSI menyepakati bahwa pendidikan Profesi Psikologi adalah berjenjang magister (S2) yang kelulusannya diharapkan menguasai prinsip-prinsip psikodiagnostika, konseling dan psikoterapi. Lulusan juga dituntut mampu melakukan asesmen dan intervensi psikologis, mampu melakukan penelitian terapan, dan memahami dan menaati kode etik psikologi.

Merujuk pada persyaratan yang disepakati tentang penyelenggaraan pendidikan pascasarjana program magister psikologi, maka pada tahun 2002 Program Studi Psikologi FK USU membuat kesepakatan kerjasama dengan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia dalam membuka Program Pascasarjana Magister Profesi Psikologi yang memulai penerimaan mahasiswa baru pada tahun akademik 2006/2007. Kerjasama yang dilaksanakan adalah dalam bentuk penyesuaian kurikulum dengan sistem pendidikan yang berlaku di Program Pascasarjana Magister Profesi Psikologi UI dan beberapa perkuliahan yang diasuh dan dibimbing oleh staf pengajar dari UI.

Saat ini, Program Studi Magister Psikologi Profesi telah mandiri menyelenggarakan pendidikan tinggi dibawah naungan Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU). Semua kegiatan akademik dilaksanakan di ruang kuliah Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara (USU) dan semua staf pengajar merupakan dosen tetap dan praktisi yang berkualifikasi akademik dibidang Psikologi Profesi dan memiliki kepakaran dibidangnya masing-masing.

 

Visi PS Magister Psikologi Profesi Psikologi

Mewujudkan university for industry melalui pengembangan pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat di bidang psikologi agar mampu memenuhi kebutuhan masyarakat yang berkembang.

 

Misi PS Magister Psikologi ProfesiPsikologi

Menyelenggarakan pendidikan tahap pascasarjana sebagai program pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki wawasan akademik luas dan kewenangan professional sebagai psikolog

 

Tujuan Pendidikan

Menghasilkan lulusan Psikolog profesional yang diharapkan menguasai prinsip-prinsip psikodiagnostika dan intervensi psikologi, mampu melakukan asesmen psikologi dan intervensi psikologi serta mampu melakukan penelitian terapan di bidang psikologi dalam rangka memberikan pelayanan secara profesional kepada individu dan kelompok masyarakat. Selain itu lulusan program ini mampu menghayati dan mengamalkan Kode Etik Psikologi yang meliputi kode etik keilmuan, penelitian dan profesi.

 

Kompetensi dan Relevansi Lulusan dengan Kebutuhan Masyarakat
Kompetensi alumni Program Studi Magister Psikologi Profesimeliputi enam hal, yaitu :

  1. Relasi, seorang psikolog harus mampu menjalin hubungan baik dengan klien yang membutuhkan pertolongannya dan dapat melindungi klien dari aspek kemanusiaannya serta menjaga kerahasiaan klien. Relasi yang terjalin antara psikolog dengan klien berkaitan dengan profesi sebagai psikolog.
  2. Asesmen, seorang psikolog harus mampu melakukan asesmen kepribadian dari klien yang dihadapinya atau yang meminta bantuannya dengan alat psikodiagnostik yang diperuntukkan untuk hal tersebut.
  3. Intervensi, seorang psikolog harus mampu melakukan intervensi psikologi kepada klien yang meminta bantuannya untuk meningkatkan kesejahteraan kliennya, atau meningkatkan kemampuan dirinya agar dapat lebih optimal dalam kehidupannya, baik dengan melakukan konseling maupun psikoterapi.  
  4. Penelitian dan evaluasi, seorang psikolog dalam menjalankan profesinya harus mampu melakukan penelitian psikologis dan evaluasi psikologis dengan menggunakan alat ukur psikologis yang diperlukan dalam penelitian tersebut, sehingga aspek-aspek yang tidak diketahui sebelumnya dapat terungkapkan dalam penelitian dan evaluasi tersebut.
  5. Konsultasi, seorang psikolog harus mampu melakukan konseling pribadi dan konsultasi bagi organisasi berdasarkan pada hasil asesmen psikologis yang dilakukannya.
  6. Pendidikan dan pengajaran, seorang psikolog harus mampu memberikan pendidikan pada jenjang pendidikan tinggi psikologi, yang disesuaikan dengan strata yang diperolehnya. Seorang psikolog dapat mengajarkan ilmu pengetahuan psikologi, psikodiagnostik, konseling maupun psikoterapi yang merupakan kewenangannya.

 
Struktur Organisasi Program Studi Magister Psikologi Profesi

struktur organisasi mp2

 

Staf Dosen Program Studi Magister Psikologi Profesi

  1    Prof. Dr. Irmawati, Psikolog

 195301311980032000

2  Zulkarnain, Ph.D, Psikolog
 197312142000121001
3  Dr. Wiwik Sulistyaningsih, Psikolog
 196501122000032001
4  Raras Sutatminingsih, Ph.D, Psikolog
 196910302000032001
5  Hasnida, Ph.D, Psikolog
 196908212000032001
6  Dr. Desvi Yanti Mukhtar, M.Si, Psikolog
 197512152002122002
7  Eka Danta Jaya Ginting, MA, Psikolog
 197308192001121001
8  Debby Anggraini Daulay, M.Psi, Psikolog
 198101222008122002
9  Sri Supriyantini, M.Si, Psikolog
 196204092000122001
10  Josetta M. R. Tuapattinaja, M.Si, Psikolog
 196212302000042001

 

Pendaftaran Mahasiswa Baru
Calon yang dapat diterima menjadi mahasiswa Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi USU adalah mereka yang memenuhi persyaratan sebagai berikut :
A. Persyaratan Administrasi
    1. Mengembalikan formulir pendaftaran yang telah diisi dan ditandatangani
    2. Meyerahkan fotokopi ijazah dan transkrip akademik (dilegalisir)
    3. Menyerahkan fotokopi cover dan lembar pengesahan skripsi (dilegalisir)
    4. Menyerahkan fotokopi sertifikat TOEFL/TOEFL-LIKE.
    5. Menyerahkan surat rekomendasi dari dosen institusi asal S1 (menggunakan kop surat institusi)
    6. Menyerahkan surat izin belajar dari instansi yang sudah bekerja
    7. Berbadan sehat yang dinyatakan dengan surat keterangan Dokter.
    8. Menandatangani surat pernyataan sanggup menanggung biaya pendidikan sampai selesai.
    9. Sanggup menyelesaikan pendidikan dalam waktu yang ditentukan.

B. Persyaratan Akademik
   
1. Lulusan Sarjana Psikologi dari Perguruan Tinggi yang diakui oleh Pemerintah Republik Indonesia.
    2. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif minimal 2.75 (dalam skala 4)
    3. Memiliki nilai TOEFL/TOEFL-LIKE minimal 450
    4. Lulus Ujian seleksi masuk, yang terdiri dari:
       a. Tes Potensi Akademik
       b. Bahasa Indonesia
       c. Tes Keprofesian (sesuai dengan kekhususan masing-masing)
       d. Asesmen Kepribadian
    5. Mengikuti kuliah penyegaran
       Setelah pengumuman diterima peserta diwajibkan mengikuti kuliah penyegaran, yang:
       - Bertujuan untuk penyegaran kembali pengetahuan Mengenai bidang psikologi yang relevan dengan Program Pendidikan Magister Psikologi Profesi sesuai dengan Kekhususan yang diikuti
       - Lamanya kegiatan: 1-4 minggu

    6. Bersedia dinyatakan gagal bila:
       a. Memberi informasi data yang tidak benar
       b. Tidak mengikuti Program Penyegaran
       c. Melampaui batas waktu studi yang ditentukan
       d. Melanggar peraturan yang ditetapkan oleh MPP maupun Universitas Sumatera Utara

 
Jenis Kegiatan Pendidikan

Jenis kegiatan Program Studi Magister Psikologi Profesiterdiri dari 3 (tiga) kegiatan pendidikan, yaitu :

A. Kuliah Kemagisteran
B. Kegaitan Mayor
C. Kegiatan Minor

Beban dan Masa Studi

Masa studi Program Studi Magister Psikologi Profesiminimal 5 semester (2,5 Tahun), maksimal 8 semester (4 Tahun). Rincian beban dan masa studi yang harus ditempuh sebagai berikut :

Kegiatan Beban Studi Masa Studi
Kuliah Kemagisteran 12 SKS 6 bulan
Kegiatan Mayor 33 SKS 14 bulan
Kegiatan Minor 4 SKS 4 bulan
Tesis 6 SKS 6 Bulan
Jumlah 49 SKS 30 bulan

 
Gelar Akademik

Setelah mahasiswa mengikuti pendidikan di Program Studi Psikologi Profesi, lulusan akan mendapatkan gelar Magister Psikologi (M.Psi) dan mendapatkan sebutan Psikolog.
Setelah lulus dari Program Studi Psikologi Profesi, lulusan akan memperoleh gelar Magister Psikologi (M.Psi) dan mendapatkan Surat Ijin Praktik Psikolog dari Himpunan Psikologi Indonesia sebutan Psikolog.

Peluang Kerja Alumni

Kompetensi lulusan dari Prodi Psikologi Profesi diarahkan untuk mampu menjadi Psikolog dalam setting Rumah Sakit, Perusahaan, Panti Rehabilitasi, Sekolah, Kampus, dan Lembaga Psikologi lainnya.


Institusi yang Berkerjasama dengan Prodi Psikologi Profesi

  1. Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. M Ildrem, Medan, Sumatera Utara.
  2. Rumah Sakit Pendidikan USU, Medan.
  3. Badan Narkotika Nasional (BNN), Deli Serdang, Sumatera Utara.
  4. Dinas Sosial Provinsi Sumatera Utara.
  5. PT. Pelindi I
  6. Gerakan Anti Narkoba (GAN) Sumut
  7. Lembaga Pemasyarakatan Klas I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.
  8. Lembaga Pemasyarakatan Wanita I Tanjung Gusta, Medan, Sumatera Utara.
  9. Perguruan Muhammadiyah Kota Medan, Sumatera Utara.
  10. Taman Pendidikan Indonesia (TPI), Medan.
  11. SMA Dharma Pancasila, Medan, Sumatera Utara
  12. Lembaga Rehabilitasi Pencegahan Penyalahgunaan Narkotika Bhayangkara (LRPPN), Medan, Sumatera Utara.

PROFILE

Sekilas Pandang

Program Studi (Prodi) Magister Psikologi Sains merupakan salah satu institusi sah di Fakultas Psikologi USU yang berdiri pada Desember 2011. Berawal dari besarnya animo masyarakat terhadap program pendidikan psikologi untuk jenjang strata 2, termasuk dari lulusan sarjana yang tidak memiliki latar belakang pendidikan sarjana psikologi, maka perlu dibuka suatu Program Studi Magister Psikologi Sains yang dapat diikuti oleh para lulusan dengan latar belakang pendidikan multidisiplin.

Pendidikan di Magister Psikologi Sains, yang mengupas psikologi secara mendalam dan komprehensif, merupakan sarana yang dapat dimanfaatkan mengingat psikologi adalah ilmu yang terkait dalam berbagai aspek kehidupan manusia. Dengan pengetahuan yang dimiliki, seorang lulusan jenjang strata 2 diharapkan akan dapat melakukan pendekatan ilmiah dan pemecahan masalah berdasarkan prinsip psikologi dalam bidang pekerjaannya untuk mencapai hasil yang optimal.

Hal lainnya, pembukaan Program Studi Magister Psikologi Sains akan menunjang misi perguruan tinggi yaitu memberikan kontribusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat yang multietnis di Sumatera Utara. Program Studi Magister Psikologi Sains dapat menyumbang pendidikan yang bermutu pada masyarakat sebagai sarana untuk menghasilkan lulusan yang berkualitas, profesional, kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa.

Visi Program Studi

Menjadi pusat pengembangan pendidikan Magister Psikologi Sains berbasis kearifan lokal dan agroindustri nasional terkemuka serta merintis pengakuan internasional pada tahun 2019.

Misi Program Studi

Misi Program Magister Psikologi Sains adalah:

1. Menyelenggarakan pendidikan psikologi terkait bidang agro industri yang berkualitas pada masyarakat multi etnis pada jenjang magister sains.

2. Melaksanakan penelitian berkualitas yang berbasis luaran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkait bidang agro industri dan teknologi yang komprehensif dan inovatif dalam bidang psikologi pada masyarakat multi etnis.

3. Melaksanakan pengabdian pada masyarakat untuk menyebarluaskan ilmu pengetahuan terkait bidang agro industri yang berorientasi pada pemecahan masalah untuk meningkatkan derajat pengetahuan psikologi pada masyarakat multi etnis.

Tujuan Program Studi

Tujuan Program Studi Magister Psikologi Sains adalah:

1. Menghasilkan lulusan Magister Psikologi yang memiliki kompetensi di bidang keilmuan psikologi terkait bidang agro industri dan memiliki integritas serta berpegang teguh pada kode etik psikologi.

2. Menghasilkan penelitian berkualitas yang berbasis luaran untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkait bidang agro industri dan teknologi yang komprehensif dan inovatif dalam bidang psikologi pada masyarakat multi etnis.  

3. Memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat pengguna jasa psikologi non profesi dan membuka kesempatan seluas-luasnya bagi masyarakat untuk pembelajaran ilmu psikologi terkait bidang agro industri.

Tata Pamong

Program Studi Magister Psikologi Sains Universitas Sumatera Utara (USU)melaksanakan tata pamong berdasarkanStatuta USU PP No. 16 Tahun 2014 tentang Tata pamong. Program Studi Magister Psikologi Sainssebagai unit pelaksana akademik dipimpin oleh pengelola yang terdiri oleh Ketua dan Sekretaris, serta dibantu oleh staf kependidikan bidang: akademik dan kemahasiswaan, keuangan, dan umum. Pengelola Program studi bertanggung jawab kepada Dekan Fakultas Psikologi USU yang dalam pelaksanaan tugas sehari-hari dibantu oleh Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni, Wakil Dekan Bidang Keuangan, Kepegawaian, SDM, Aset dan Perencanaan dan Wakil Dekan Bidang Penelitian, Program Kreativitas Mahasiswa, Kerjasama dan Informasi.

Pengelola

Zulkarnain, Ph.D, Psikolog Dekan
Eka Danta J. Ginting, MA, Psikolog Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni
Ferry Novliadi, M.Si Wakil Dekan Bidang Keuangan, SDM, Pengelolaan Aset, Perencanaan dan Pengembangan
Rika Eliana, M.Psi, Psikolog Wakil Dekan Bidang Penelitian, Pengabdian Pada Masyarakat, Kerjasama dan Informasi
Hasnida, Ph.D, Psikolog Ketua Program Studi
Rahma Yurliani, M.Psi, Psikolog Sekeretaris

Staf Kependidikan

Syaffrien Hadiardri Bidang Akademik dan Kemahasiswaan
Hari Samudra Bidang Keuangan dan Umum

Tenaga Pendidik

No. Nama Dosen Tetap(1) Bidang Keahlian
1. Prof. Dr. Irmawati, M.Si., Psikolog S3-Psikologi
2. Dr. Wiwik Sulistyaningsih, M.Si, Psikolog S3-Psikologi
3. Zulkarnain, Ph.D, Psikolog S3-Psikologi
4. Hasnida, Ph.D, Psikolog S3-Psikologi
5. Raras Sutatminingsih, Ph.D, Psikolog S3-Psikologi
  Emmy M, M.A-Psi, Ph.D S3-Psikologi
6. Dr. Desvi Yanti Mukhtar, M.Si, Psikolog S3-Psikologi

Struktur Kurikulum

Matakuliah di Program Magister Psikologi Sains Terdiri dari Matakuliah Kemagisteran, Matakuliah Keahlian, dan Matakuliah Pilihan.

Matakuliah Kemagisteran

No Matakuliah Kode MK SKS
1 Filsafat Ilmu Pengetahuan PSS 1 601 2
2 Konstruksi Alat Ukur PSS 1 602 2
3 Statistika Lanjut PSS 1 603 2
4 Metodologi Penelitian Kualitatif PSS 1 604 2
5 Metodologi Penelitian Kuantitatif PSS 1 623 2
6 Psikologi Industri dan Organisasi PSS 1 605 3
7 Kode Etik Penelitian dan Pengelolaan SDM PSS 1 606 2
8 Tesis PSS 2 608 6

Matakuliah Keahlian

No Matakuliah Kode MK SKS
1 Psikologi Pengembangan SDM Berbasis Kompetensi PSS 1 609 2
2 Psikologi Kepribadian dalam Organisasi PSS 1 610 2
3 Observasi dan Interview dalam Organisasi PSS 1 611 2
4 Psikologi Manajemen SDM Stratejik PSS 1 612 2
5 Seleksi dan Rekrutmen PSS 1 613 2
6 Psikologi Pelatihan dan Pengembangan PSS 1 614 2
7 Assesment Centre PSS 2 615 2
8 Organization Change and Development PSS 2 624 2
9 Psikologi Sumber Daya Manusia dan Hukum Ketenagakerjaan PSS 2 617 2
10 Feedback, Coaching, Counselling PSS 2 618 2
11 Seminar Tesis PSS 2 607 1

Matakuliah Pilihan

No Matakuliah Kode MK SKS
1 Knowledge Management PSS 2 619 2
2 Employee Assistance Program PSS 2 620 2
3 Psikologi Kepemimpinan PSS 2 621 2
4 Corporate Social Responsibility PSS 2 622 2
5 Psikologi Organisasi Multikultural PSS 2 616 2

No.

Jabatan Akademik

Nama

NIP

1.

Ketua Departemen

Meutia Nauly, M.Si, Psikolog

196711272000032001

2.

Sekretaris Departemen

Ridhoi Meiloni Purba, M.Si

198205022010122001

3.

Dosen

Prof. Irmawati, Psikolog

195301311980032001

4.

Dosen

Rika Eliana, M.Psi

196609092002012001

5.

Dosen

Ari Widiyanta, M.Si, Psikolog

197410282000121001

No.

Jabatan Akademik

Nama

NIP

1.

Ketua Departemen

Siti Zahreni, M.Psi

198201282005022001

2.

Sekretaris Departemen

Fahmi Ananda, M.Psi

198607122014041001

3.

Dosen

Zulkarnain, Ph.D, Psikolog

197312142000121001

4.

Dosen

Eka Danta Jaya Ginting, M.A, Psikolog

197308192001121001

5.

Dosen

Ferry Novliadi, M.Si

197411112006041001

6.

Dosen

Vivi Gusrini R. Pohan, Ma, M.Sc, Psikolog

197808162003122002

7.

Dosen

Gustiarti Leila, M.Psi

196008172000032001

8.

Dosen

Cherly Kemala Ulfa.S, M.Psi

198206172008012018

9.

Dosen

Sherry Hadiyani, M.Psi

198108232014042001

Ada dua jalur masuk bagi calon mahasiswa baru di Prodi S1 Fakultas Psikologi yang kesemuanya berlaku juga bagi fakultas-fakultas lain di lingkungan USU, yaitu melalui Jalur undangan yang sekarang dikenal dengan nama SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri), serta UMB (Ujian Masuk Bersama), yang terdiri dari Ujian Masuk Bersama Jalur Reguler, Mandiri. Dilihat dari efektivitasnya, masing-masing jalur masuk tersebut memiliki kualitas input (mahasiswa baru) yang berbeda-beda. Kualitas input yang terbaik didapat dari jalur UMB Reguler dan SNMPTN dimana pada jalur ini tingkat persaingannya memang sangat ketat sehingga mampu menghasilkan calon mahasiswa baru yang kualitasnya baik. Jalur undangan pun mendapatkan pengawasan ketat dari universitas dimana bagi mahasiswa yang tidak berprestasi maka akan terkait dengan kuota yang diterima dari SMA asalnya di tahun berikutnya. Selain USU menyelenggarakan TPBI (Tes Penjajakan Bidang Ilmu) untuk mengetahui apakah calon mahasiswa undangan sudah memenuhi standar yang diharapkan oleh USU. Kedua pengawasan ini cukup efektif Hal ini dapat dibuktikan dengan melihat rata-rata IPK mahasiswa dari masing-masing jalur masuk tersebut setelah mereka mengikuti perkuliahan.

 

Jumlah Mahasiswa Reguler per Tahun di Fakultas Psikologi Universitas Sumatera Utara       

No. Tahun Jumlah Mahasiswa Aktif
1. 2010 126 Mahasiswa 22 Mahasiswa
2. 2011 127 Mahasiswa 34 Mahasiswa
3. 2012 124 Mahasiswa 85 Mahasiswa
4. 2013 140 Mahasiswa 124 Mahasiswa
5. 2014 135 Mahasiswa 131 Mahasiswa
6. 2015 129 Mahasiswa 129 Mahasiswa
7. 2016 235 Mahasiswa 235 Mahasiswa
Total 1.016 Mahasiswa 760 Mahasiswa

   

No.

Jabatan Akademik

Nama

NIP

1.

Ketua Departemen

Debby Anggraini Daulay, M.Psi

198101222008122002

2.

Sekretaris Departemen

Indri Kemala Nasution, M.Psi

198303192006042001

3.

Dosen

Elvi Andriani Yusuf, M.Si, Psikolog

196405232000032001

4.

Dosen

Dr. Wiwik Sulistyaningsih, Psikolog

196501122000032001

5.

Dosen

Ade Rahmawati Siregar, M.Psi

198104032005022001

6.

Dosen

Rahma Yurliani, M.Psi

198107232006042004

7.

Dosen

Eka Ervika, M.Si, Psikolog

197710142002122002

8.

Dosen

Liza Marini, M.Psi

198105202005012003

9.

Dosen

Silviana Realyta, M.Psi

198212272006042002

No.

Jabatan Akademik

Nama

NIP

1.

Ketua Departemen

Debby Anggraini Daulay, M.Psi

198101222008122002

2.

Sekretaris Departemen

Indri Kemala Nasution, M.Psi

198303192006042001

3.

Dosen

Elvi Andriani Yusuf, M.Si, Psikolog

196405232000032001

4.

Dosen

Dr. Wiwik Sulistyaningsih, Psikolog

196501122000032001

5.

Dosen

Ade Rahmawati Siregar, M.Psi

198104032005022001

6.

Dosen

Rahma Yurliani, M.Psi

198107232006042004

7.

Dosen

Eka Ervika, M.Si, Psikolog

197710142002122002

8.

Dosen

Liza Marini, M.Psi

198105202005012003

9.

Dosen

Silviana Realyta, M.Psi

198212272006042002